Friday, May 30, 2014

Petani Muda Indonesia

Kekayaan SDA & SDM yang Indonesia miliki, sudah seharusnya kita sebagai pemuda berperan aktif dan turun tangan, merawat sekaligus menjadi tuan di negeri sendiri.

Pemuda-pemudi merupakan kader bangsa yang memiliki peranan penting untuk memajukan bangsa & tanah air tercinta ini. Pada sektor pertanian, pemuda dituntut untuk terus berkarya dan berinovasi teknologi dalam usaha tani yang ramah lingkungan.

GenerasiMuda

Peran pemuda dalam menciptakan teknologi maupun teknologi alternatif baru merupakan suatu hal yang ditunggu-tunggu dalam dunia pertanian indonesia. Padahal dewasa ini, para pemuda hanya sekian persen yang peduli terhadap pertanian karena sudah terpengaruhnya budaya barat yang mendoktrin pebuda harus menjadi “anak kantoran” yang mana pekerjaan tersebut dikatakan lebih formal. Namun mengapa mata kita sebagai pemuda tidak terbuka lebar? Indonesia adalah negara agraris yang mana sektor pernaian selalu nomor satu. Dengan ilmu yang sudah didapatkan maka tinggal adanya kesadaran yang mampu menggugah pemuda untuk keep attentionpada sektor pertanian. Tidak hanya itu, perhatian pemuda khususnya tertuju pada teknologi alternatif untuk membangun pertanian yang berkelanjutan yang mana memperhatikan prinsip ekologi. Di bawah ini merupakan peran pemuda utamanya para mahasiswa dlam mengembangkan pertanian berkelanjutan menurt saya dan beebrapa sumber yang telah saya olah :



1.Berpartisispasi dalam penyuluhan pertanian berkelanjutan

Pemuda khususnya mahasiswa dapat berperan dalam penyuluhan tentang pertanian berkelanjutan. Dalam penyuluhan ini mahasiswa dapat berbagi ilmu kepada para petani yang sempit wawasan tentang pertanian berkelanjutan serta dapat membantu dinas pertanian dalam menjalankan tugasnya.dengan adanya penyuluhan petani dapat mengetahui bagaimana tata cara pemberantasan hama, pemupukan, perawatan , serta panen dan pasca panen yang juga memeperhatikan prinsip ekologi agar lahan tersebut dapat berfungsi dalam jangka waktu yang panjang.

2.Ikut serta dalam pemberdayaan petani dan pecerdasannya

Keberadaan pemuda di tengah-tengah masyarakat sedikit banyaknya memeberikan peluang pemberdayaan bagi masyarakat yang berpendidikan rendah.Salah satu hal yang dapat diberikan dalam  pencerdasan, pendampingan, dan pemberdayaan petani adalah dengan turut serta membangun kelembagaan petani. Dewasa ini, pengembangan kelembagaan petani cenderung tidak berlangsung lestari karena pengembangan kelembagaan tersebut tidak berjalan secara konsisten disertai dengan pemberdayaan petani. Pemberdayaan petani merupakan upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan petani sehingga secara mandiri mampu mengembangkan diri dan usaha cocok tanam secara berkelanjutan dan sekaligus dapat melestarikan lingkungan sekitar.

3.Menjadi sumber daya manusia dalam pembangunan pertanian berkelanjutan

Saat ini banyak pemuda Indonesia yang memiliki cita-cita berkiprah diluar sektor pertanian. Tentunya, hal tersebut adalah hal yang wajar dan sah-sah saja. Namun, setidaknya di butuhkan peran pemuda untuk membangun pertanian indonesia. Tidak hanya itu, pada abad ke-21 ini teknologi sudah berkembang begitu pula pertanian. Akan tetapi, pemuda harus sadar akan sisi lain pemakaian teknologi pertanian secara berlebih. Dalam konteks ini pemuda dituntut untuk menjadi pioner-pioner pembangunan pertanian berkelanjutan yang mana keberhasilannya akan di tunggu untuk generasi mendatang  dan secara otomatis sistem ini akan dipraktekan secara semesta serta dalam jangka panjang.

ungkapan rasa syukur akan kekayaan alam kita, sudah seharusnya dilakukan dengan cara-cara yang benar..
pemuda bergerak bangsa kita pasti akan maju

salam Indonesia

No comments:

Post a Comment